Biasanya, di studentsite Gunadarma yang namanya IPK itu Cuma bisa dilihat di studentsite dan untuk membawanya ke mana-mana, kita harus print out dulu tuh IPK. Nah, sekarang bagaimana kalau kita hendak mengirim Rangkuman Nilai kita lewat e-mail untuk berbagai keperluan ? Untuk melamar kerja lewat e-mail misalnya ?
Berikut ini akan saya berikan tutorial mengexport nilai IPK kita dari studentsite ke dalam format PDF. Simak baik-baik yah .

1. Pastikan kita sudah menginstall software PDF Creator terlebih dahulu. Softwarenya bisa didapat di http://www.pdfforge.org/pdfcreator

2. Buka Rangkuman Nilai di studentsite kita. Klik ‘Cetak Nilai Lokal’.

Catatan : Di contoh saya menggunakan nilai ‘Lokal’ tapi ini bisa juga berlaku untuk nilai ‘Utama’ dan rangkuman nilai.

3.  Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Ubah ‘Name’ pada printer Anda menjadi ‘PDF Creator’. Klik OK

4.   Akan muncul tampilan dari software PDF Creator. Klik ‘Save’.

5. Save di drive atau direktori yang Anda inginkan. Klik ‘Save’.

6. Tunggu sampai software PDF Creator mengexport ke dalam format PDF. Cuma beberapa detik kok.

Jadi deh file PDFnya. ^_^

Oh iya, sekedar catetan aja. Biasanya, setelah file PDF udah jadi, maka secara otomatis akan langsung dibuka oleh software PDF Viewer milik Anda (seperti Adobe Reader atau Foxit Reader). Tapi terkadang kalau misalnya tidak ada reaksi apa-apa, maka cek drive/direktori tempat Anda menyimpan file PDF tadi. Biasanya file PDFnya sudah ada di situ.

Selain pakai PDF Creator, kita juga bisa pakai software Solid PDF. Pokoknya software-software PDF Converter yang ‘memposisikan dirinya sebagai printer’.

Mudah kan ? Sekarang Anda bisa mempunyai daftar nilai IPK dalam bentuk digital yang bisa dibawa ke mana-mana tanpa harus terhubung ke internet dan nilai IPK bisa dikirim lewat e-mail. :-)

Terima kasih sudah membaca. Saya tunggu tanggapan dari teman-teman.